LOGO PUSKESMAS DASAN TAPEN
Beranda > Berita > Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Di Desa Gapuk
Informasi Kesehatan

VAKSINASI COVID-19 TAHAP PERTAMA DI DESA GAPUK

Posting oleh puskesmasdasantapenlobar - 9 Juni 2021 - Dilihat 244 kali
Antusias lansia warga Desa Gapuk menjalankan vaksinasi covid19 tahap pertama
Gapuk, 28 April 2021 - UPT. Puskesmas Dasan Tapen melaksanakan Vaksinasi Covid-19 Dosis I dengan sasaran lansia yang berada di wilayah kerja UPT. Puskesmas Dasan Tapen dengan menerapkan pola jemput bola, dalam artian tim vaksinasi mendatangi sasaran lansia ke desa untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi covid 19 pada sasaran lansia. Kegiatan vaksinasi ini sesuai dengan Peraturan Menkes RI No. 10 Th 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditetapkan pada tanggal 24 Februari 2021 dan Keputusan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No. Hk.02.02/4/1/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditetapkan pada 02 Januari 2021.
Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Sasaran Lansia di desa Gapuk wilayah kerja UPT. Puskesmas Dasan Tapen, dengan membuka 4 meja pelayanan yang dimulai pukul 08.30 wita s/d selesai. Dimana Meja 1 yaitu Pendaftaran, lansia yang di vaksin adalah lansia yang sudah terdaftar. Meja 2 yaitu Screeaning, lansia akan diperiksa kesehatanya oleh dokter. Meja 3 yaitu Vaksinasi dan Meja 4 yaitu meja observasi, pada meja ini lansia diminta menunggu 30 menit untuk melihat apakah lansia mengalami KIPI. Vaksinasi Covid-19 Sasaran Lansia Dosis II akan dilaksanakan 28 hari setelah Dosis I.
Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Sasaran Lansia ini tetap dengan protokol kesehatan yaitu seluruh peserta vaksin diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan Handsanitizer.
Antusias warga Desa Gapuk sangat tinggi dalam mengikuti vaksinasi covid19 melebihi target sebanyak 70 orang sedangkan yang mendapatkan vaksinasi tahap I sebayak 80 orang sasaran lansia yang hadir mengikuti pelayanan vaksinasi, ujar kades Desa Gapuk "Nurdin, S.pdi"
Pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan baik atas sinergi dari lintas sektor terkait seperti Babinsa, Binmaspol, kapolsek, kecamatan, dan tim pendamping Program keluarga Harapan, sementara itu kepala Desa Gapuk mengharapkan kedepannya semua sasaran lansia di desa Gapuk untuk mendaptkan vaksinasi karena penundaan vaksinasi akibat ada penyakit komorbidnya (penyakit penyerta).

Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *